Minggu, 25 Januari 2009

Liquid Starter

LIQUID STARTER
Liquid Starter adalah pemanfaatan media cair (liquid) sebagai tahanan luar motor induksi slip-ring. Liquid Starter berguna untuk meredam atau menahan arus yang sangat tinggi yang ditimbulkan saat starting motor :


1.Bagian-bagian Liquid Starter
a.Tank
Tank adalah bak dimana elektrolit ditempatkan. Bak ini terbuat dari baja dan tahan terhadap air.

b.Elektroda
Pada sistem liquid starters, elektrode terdiri atas 6 buah elektrode yaitu 3 buah elektrode yang dipasang pada lubang-lubang bagian bawah tank elektrolit yang disebut sebagai fixed elektroda dan 3 buah elektroda lagi pada bagian atas tank yang disebut sebagai moved elektroda. Sepasang elektroda untuk tiap pasangnya. Elektroda ini terbuat dari tembaga yang tersusun atas cincin-cincin silinder dan tahan terhadap air.

c.Elektrolit
Elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus. Karena itulah elektrolit dapat dimanfaatkan sebagai tahanan luar motor induksi slip ring. Pada system liquid starter, elektrolit yang digunakan adalah larutan garam Na2CO3 yang bersifat basa. Na2CO3 adalah jenis garam yang sukar larut dalam air.

d.Motor Penggerak (Drive Motor)
Drive Motor berfungsi sebagai penggerak naik-turunnya elektroda. Drive Motor merupakan motor induksi 3 fasa dengan daya 0.25 kW 380/220 V, 50 Hz dan 0.82/1.42 A.
e.Short Circuit Contactor
Contactor ini berfungsi menghubung singkatkan tahanan luar, pada saat posisi elektroda pada posisi Rmin. Short Circuit Contactor ini ditempatkan pada panel kontrol tersendiri disisi luar dari tank.
f.Panel Control
Panel ini berisi rangkaian control LQ Starter.
g.Prinsip kerja
Liquid Starters ini bekerja saat starting motor. Saat motor distart, posisi elektroda ada di atas atau pada saat Rmax . Perlahan-lahan tahanan dikurangi sampai pada posisi Rmin yang ditandai dengan turunnya elektroda pada posisi bawah. Naik-turunnya elektroda ini digerakkan oleh motor penggerak yang bekerja secara otomatis. Saat posisi ini tahanan luar telah dihubung singkat dan contactor shot-circuit bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar